Gazibu on the sport

Wow, pagi hari yang cerah, seperti kemilau keinginanku bergegas menuju Gazibu bersama my wife tuk olah raga. Naek sepeda motor, lengkap dengan membawa raket badminton plus shuttle kock-nya. Jam enam pagi itu, dimana matahari sudah agak tinggi juga, kami segera bablassss.

Aku parkir di tempat langganan, orangnya ramah-ramah sih, walaupun itu berarti aku harus memutar motorku via Juanda belok kanan ke jalan di samping rumah sakit Boromeus, terus menuju Unpad, lalu muter balik, melewati gedung Pasca Sarjana-nya Unpad, lalu belok kiri. Sampai deh, di ujung jalan situ ada tempat parkir, di halamannya salah satu gedung milik Unpad, lupa aku nama gedungnya. Itu gedung di belakangnya ada masjid. Gak kelihatan sih dari luar, tapi dulu sempat aku lihat-lihat di belakangnya.

Akhirnya,….jadi juga maen bultang di depan Telkom Japati. Di salah satu taman yang dikelilingi pagar besi. Sekalian joging and jalan-jalan di atas batu-batu refleksi, yang biasanya sakitnya minta ampun diinjaknya kalau kita lagi nggak enak badan. 

Usai main bultang, aku sempatkan istirahat dulu, duduk-duduk di tepi bunga-bunga. Wah, mantappppp…Kok malah kebayang-bayang kalau nanti udah nggak di Bandung lagi, di sekitar bulan Juli, dimana mungkin aku harus back to Makassar lagi. Wah, keindahan gedung sate, yang saat ini sedang aku nikmati dari kejauhan, bisa jarang kulihat lagi deh, kecuali kalau aku lagi pulang ke Mom atau lagi tugas ke Bandung. Ah, itu kan masih delapan bulan lagi, aku nikmatin saja sepuasnya dulu nih kota kesayangan.

Seperti biasa, kalau ke Gazibu, pasti aku sempatkan menikmati kupat tahu langganan, namanya Kupat tahu Sarasa, biasa mangkal di depan Gedung Kejaksaan, ya di sebelah gedung Telkom. Seperti biasa pula, antri, walau Alhamdulillah saat ini nggak terlalu ramai-ramai banget sih. Hm, ini kupat emang nikmatnya ruarrr biazzzaa, sebanding dengan enaknya kupat tahu langganan kami di lapangan Batununggal. Cuma kalau di sana ada variasi kupat tahu rasa petisnya. Dan ada satu lagi kupat tahu kesayanganku, yaitu kupat tahu di pasar Gegerkalong, tempat biasa Mom belanja sayuran tiap harinya waktu kami sempat tinggal hampir sepuluh tahun dulu di KPAD. Sudah lama juga nih aku nggak berkunjung ke sana. Terakhir waktu sebelum puasa kemarin kayaknya.

Asyiknya di tempat kupat tahu ini aku bisa nambah krupuknya sesukaku, wah..pucuk dicinta krupuk tiba, penjualnya gak tahu aja kalau kami berdua raja dan rau krupuk. Nambah terus deh tuh krupuk, ya mungkin pakai subsidi silang kali, yang bayar semua pembeli, tapi yang ngabisin yanng doyan krupuk aja. He..he..

Enaknya lagi, sembari makan kupat, kita bisa mendengarkan musik-musik lawas dari kaset-kaset tape lawas yang dijual persis di samping kupat tahu itu. Unik banget, masih saja ada yang jual kaset-kaset itu, dan anehnya masih ada saja yang beli. Sebagian kasetnya adalah tembang sunda. Pemandangan yang gak bisa tiap hari dilihat, si bapak tua yang masih setia dengan jualannya, maybe udah puluhan tahun kali ya.

Setelah itu kami berdua “pisah” dulu, sesuai dengan minat masing-masing, seperti yang biasa juga kami lakukan kalau lagi ke Mall, yang satu ke toko buku, satunya lihat-lihat baju dan perlengkapan rumah tangga. Kali ini kurang lebih sama, aku ke lapak jualan buku-buku tepat di depan gedung Telkom, tepatnya dekat pos penjagaannya. Di situ ada orang jualan buku, pakai mobil tua. Ini orang pinter banget kalau ngomong, jadi susah merayunya agar harga bisa turun. Dulu sempat aku beli buku Marketing di situ. Tapi ya biasanya lebih murah dibandingkan kalau belinya di toko, sebagiannya juga buku “bajakan” tuh kayaknya. 

Terus aku nuju arah parkir motor, wah..nggak jauh dari situ ada orang jual buku-buku juga. Mantap juga, meski panas-panas, lumayan untuk nambah-nambah pengetahuan lagi. Ada buku-buku tua di situ, bahkan ada yang masih pakai ejaan lama. Yang menarik juga tadi ada buku Komposisi karangannya siapa Keraf gitu. Itu aku ingat betul adalah buku peganganku dulu untuk pelajaran Bahasa Indonesia di SMP 4 Jember. Wah, ada terlintas kenangan kecil di kepalaku.

0 komentar: